Tuesday, January 3, 2017

Hijab Stories [ Berhijabnya Anak Emo ]

Assalamualaikum wr wb
Disini aku ingin berbagi cerita dengan kalian...
Berbagi cerita dan pengalaman saat pertama kalinya ak memutuskan untuk hijrah memakai hijab
semoga bermanfaat :)


Bertaubat
Pertama kali hijab menggunakan jilbab saat ak berada di masa perkuliahan, yaitu pada semester III tahun 2013. Awalnya menjalani aktivitas sebagai mahasiswa rantauan di Bali rasanya campur aduk. Kebanyakan sedihnya tapi, bayangin aja ini baru pertama kali ak beda pulau sama ortu, ga punya temen sama sekali. Dulu ak termasuk kategori cewek tomboy banget, gayanya ala emo dengan jeans ketat dan kaos oblong. Memakai jilbab sama sekli tidak ada dalam pikiranku waktu itu. Malah ak mengira jika berjilbab itu sunnah. Dan ga ada fikiran pakai jilbab sama sekali. ya Allah :(

Cerita dimulai ketika pertama kalinya aku diminta menjadi model hijab oleh dosen jurusan lain. Dari yang sebelumnya jika hunting foto ak selalu memakai pakaian yg menampakkan aurat tapi kali ini berbeda, ga tau knapa merasa lebih nyaman dan tenang aja saat auratku tertutup. Perasaan itu terbawa sampai pulang.
ak terus memikirkan "sepertinya ini saatnya aku hijrah" tapi tunggu...
Hijrah? yakin? Apa ak bener2 udah siap?
Bukankah jika sekali kamu memakai jilbab maka selanjutnya qm tidak boleh melepasnya, kamu tau kan jika seorang muslimah adalah cerminan dari muslimah lainnya, mempermainkan perintah Allah akibatnya memang tidak langsung tapi itu pasti.
banyak banget statement yang berkecamuk dalam fikiranku waktu itu, dan baiklah aku memang belum siap, aku menunda niatku. (Setan itu memang bener2 musuh yang nyata bagi manusia).

Sampai pada suatu hari aku diajak kaka senior untuk menghadiri acara mahasiswa muslim di kampus. Sedikit cerita bahwa jika ada perkumpulan mahasiswa muslim di kampusku semua putri harus memakai jilbab, hampir setiap sore ada rapat dan setiap sore pula ak kuliah membawa jilbab di tas, jadi setelah kuliah selesai aku ke toilet untuk mengganti pakaianku. Ribet banget...

Namun di perkumpulan sperti itulah ternyata HIDAYAH datang, kajian kajiannya yg sukses membuat hati terenyuh, dibacakan QS Al Ahzab ayat 59 dan QS An-Nur ayat 31, berteman dengan kaka senior yang memberikan motivasi berhijab, sampai bersama2 ak didoakan supaya berhijabnya ga pas dateng kajian aja. Pernah ada fikiran "orang yang memakai jilbab aja kelakuannya masih kacau mending ak ga pake aja ah dulu". Tapi ternyata semua salah, wanita yang memutuskan memakai jilbab, seenggaknya dia telah menggugurkan dosa kewajiban memakai jilbab. Kita tidak boleh membandingkan jilbab dengan kelakuan si pemakainya. Karena jilbab dan akhlaq adalah dua hal yang berbeda.

Pembahasan mengenai jilbab sangat menarik buatku.
Ak terus mencari referensi dari berbagai sumber. Dari sana melihat perkembangan fesyen hijab 2 tahun belakangan sangat pesat, dan style yang ditampilkan juga sangat menarik. Inspirasi muncul dari beberapa hijab blogger. Dari sanalah akhirnya aku tertarik dengan fesyen hijab. Niat untuk berhijab bertambah kuat di dalam diriku saat itu.

Ohya pada perkumpulan mahasiswa muslim kampus itu, aku bertemu dengan kak malik. Iya... kak malik juga berperan penting dalam proses hijrahku sampai sekarang, dia yang selalu memberikan nasihat2 supaya aku menjadi lebih baik lagi.
Ga hanya dia, ortuku, sahabatku, temen2ku semua memberikan respon positif kepadaku. Dari nasihat2 mereka membuat aku pasti untuk mengambil sebuah keputusan " Aku harus memulainya sekarang"!!! aku harus bertaubat !!!

Esok harinya dengan mengucap bismillah aku berangkat ke kampus, entah bagaimana respon temen sekelasku nantinya aku ga peduli, yang aku pedulikan hanya mentaati perintah Rabb ku.
Akhirnya sampai di kampus, didepan kelas ak udah dihadang sama temen2, mereka kaget ak merubah penampilanku. Tapi ma shaa Allah respon mereka sangat positif, ga ada yang bilang ga bagus, mereka bilang macem2 dari yang bilang kalo "enak ya pake jilbab bisa gonta ganti warna hijab setiap hari". "Mba eno lebih cantik berhijab"." Enok cantikan pake jilbabnya di modelin kayak gitu aja" de el el. Aku seneng punya temen sekelas seperti mereka, meskipun ak satu2nya muslim dikelas tapi mereka tetep welcome gini... ahh... seneng banget alhamdulillah...
Perubahan ga hanya dari diriku tapi lingkuanku juga berubah, semua orang jadi semakin sopan, dari yang sbelumnya suit suittt cewekkk... Jadi assalmualaikum neng, mau kemana :D wkwkkwk

Kenikmatan yang Didapat Setelah Memutuskan Berhijab
Next ini adalah cerita setelah aku memakai hijab, cerita dimana Allah tak henti hentinya memberikan nikmat yang luar biasa. The power of hijab itu beneran ada. Ada hadist  yang mengatakan jika kamu mendekati Allah sejengkal maka Allah akan mendekatimu sehasta, jika kamu mendekati Allah sehasta Allah akan mendekatimu sedepa, dan jika kamu berjalan mendekati Allah maka Allah akan berlari ke arahmu. Ma syaa Allah aku hanya sedikit saja mendekati Allah dengan menjalankan kewajibannya memakai jilbab, tapi yang Allah kasih kepadaku??? banyak banget...

Pertama dengan berhijab aku jadi sering mendapatkan tawaran hunting foto dari beberapa komunitas fotografer daerah maupun personal entah itu di bali ataupun di banyuwangi.
Beberapa hasil dari foto tersebut ak ikutin beberapa event foto hijab online dan alhamdulillah beberapa kali menang dan puncaknya mendapatkan juara 1 yg hadiahnya 1 buah tablet. Alhamdulillah.... Cerita awal mula aku berhijab ini juga sempat aku ikutin event, Dapet juara 2 atau 3 kalo ga salah 😯
Dan pada akhir tahun 2014 dapet tawaran untuk menjadi model fashion show kaka tingkat di pagelaran busana tahunan kampus. Yang notabene pakaian yang dibuat dan ditampilkan selalu seksi2 tapi khusus tahun itu ada salah satu mahasiswanya mengambil keputusan untuk membuat baju muslim. Tujuannya adalah untuk mengenalkan fashion hijab di kampus dan meminta aku untuk membantunya. Soalnya dari tahun ke tahun tidak pernah ada model berjilbab di pagelaran busana tahunan ini. Sebnernya bukan materi jadi prioritas utamaku tapi dakwahnya ini yang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Menjadi satu2nya model yang memakai jilbab di tengah para model yang ga berjilbab tidak membuat ak minder bahkan bangga bisa berdiri dsna. Yah tapi you know lah mungkin ada beberapa yang masih kaku melihat cwek berhijab di acara seperti ini. Tapi dengan itu justru membuat ak semakin semangat. Setiap tahun alhamdulillah selalu dihubungin dan ini berlanjut sampai ak wisuda.
Setelah wisuda mendapat tawaran dari brand hijabbox untuk memperagakan gown nya di acara akbar banyuwangi #banyuwangibatikfestival2015 untuk pertama kalinya memakain baju secantik dan seindah itu 😍 dan sempat beberapa kali mengikuti event modelling di banyuwangi meskipun cuma juara harapan tapi pengalamanya berkesan 😊
Ohya saat pertama kali ak berjilbab percaya atau enggak ak sama sekali ga punya kerudung, ke kampus aja masih minjem krudung temen :( ga modal banget kan ya? Jadi singkat cerita dari situ ak dapet ide...
Karena sama sekali ga punya jilbab, aku memutuskan untuk jualan jilbab online.
Dakwah untuk berjilbab ak sisipin disni. Aku buat macem2 tutorial hijab, dan selanjutnya ak share di media sosial seperti facebook. Tujuannya tidak lain adalah untuk menarik hati temen2 yg belum berjilbab. Daripada galo di facebook mending nge share sesuatu yang bermanfaat.
Aku melakukan semua ini karena aku gak pengen merasakan kenikmatan ini sendirian, aku pengen kita bersama sama merasaan kenikmatan yang Allah berikan kepada seiap muslimah yang mau taat.

Dan alhamdulillah wasyukurillah... Berhasil :) banyak temen temenku entah dari Banyuwangi ataupun dari Bali yang berhijrah juga untuk berjilbab dan rame rame datang ke kos untuk sama sama belajar tutorial jilbab, make up ataupun catwalk.

Seperti halnya kakak tingkat yang memintaku untuk menjadi modelnya di acara pagelaran busana di kampus , ada juga teman seangkatan yang memintaku untuk jadi model fotografi TA nya. Finally... Ga nyangka fotoku dipajang gede di ruang galeri pagelaran foto mahasiswa seni rupa Undiksha tahun 2015. Ada juga adik tingkat jurusan Basindo yang meliput tentang fashion hijab untuk dijadikan sebuah majalah dan kebetulan aku diminta untuk menjadi narasumbernya. Ditengah wawancara ak nanya, dek knapa qm ngambil tema ini? "Aku ingin mengenalkan jilbab ke semua orang bahwa wanita yang memakai hijab itu ga kuno, mereka bisa cantik dan kita harus bangga memakainya" Sungguh luar biasa temen temenku ini... Dari sanalah ak terinspirasi dengan orang orang yang suka berkarya dan berprestasi dengan jilbabnya.

Berhijab Aja Dulu Otomatis Hatimu Akan Terhijabi
Dari perjalanku ini ga sedikit yang bilang ingin jilbapin hati dulu, masih belum siap, takut kalo ga ketrima kerja. Tapi mau sampai kapan? Kalo memang ga ketrima kerja di tempat yg kamu ingin karena masalah jilbabmu itu berarti Allah ga pengen kamu ksna, DIA sudah menyiapkan tempat yang lebih baik untukmu. Masih belum siap juga? Hidayah itu di jemput bukan ditunggu, caranya dengan berhijab dulu percaya deh nanti dengan sendirinya hati akan berhijab juga 😊

Jadilah Agen Muslimah Yang Baik dan Menginspirasi
Karena berdakwah tidak harus ceramah di depan umum bukan?  jujur aku bukan tipe orang yg suka berbicara didepan banyak orang, ak berdakwah dengan caraku, caraku adalah menunjukkan bahwa dengan berjilbab wanita itu bisa juga cantik, bisa juga berprestasi, bisa seperti wanita2 lain, dan tentunya kita harus bisa menjadi agen muslim yang baik di tempat dimana kita berada. Jadilah contoh yang baik yang menebarkan senyum ke sesama.
Disini ak hanya sekedar ingin berbagi pengalaman kepada temen temen, di dalam diriku ini juga masih banyak hal yang mesti diperbaiki. Yuk sma sama memulai berhijrah, memperbaiki diri.
Maav jika ada kata kata yang kurang mengenakkan atau salah kesempurnaan hanya milik Allah ketidak sempurnaan itulah aku.

In Syaa Allah
Aku tau hijab is not about fashion. Kak malik dan kakak2 senior yang sudah berhijrah syari duluan selalu mengingatkan ak berulang kali akan hal ini. "Berhijab sesuai syariat" Untuk mencapai di titik itu ak hanya tiggal melangkah sekali lagi. In syaa Allah doakan ya temen temen. Aku berharap aku kamu dan kalian diberikan kesehatan dan umur yang panjang supaya kita semua bisa hijrah dengan sebenar benarnya hijrah... Amin ya rabb...


Nah itu tadi sekilas tentang perjalananku untuk berhijrah menjadi lebih baik, semoga selalu ingat untuk terus memperbaiki diri lagi dan lagi...
Semoga bermanfaat dan kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih ^____^

Dibawah ini adalah beberapa foto kegiatan ku dulu, check this out ...













No comments

Post a Comment

© Still Beauty
Maira Gall